The 7 Commandments for New Journalists

Berikut panduan yang perlu diketahui seorang jurnalis.

7 Panduan Untuk Jurnalis Baru
 
  1.  There is no problem with Journalism
Artinya,Tidak ada masalah dalam jurnalistik. Jurnalis harus mampu menyebarkan informasi yang aktual dan faktual kepada pembaca. Hal ini tentu berkaitan dengan komunikasi jujur yang dilakukan oleh seorang jurnlis melalui sevuah karya atau kegiatan jurnalistiknya.
 
     2. People pay for high quality journalism.      
Mampu mengikuti ritme kerja pegiat media, menunjukan karya-karya terbaik dan menaati kode etik jurnalistik, jurnalis tersebut bisa bernilai dan memiliki kualitas.
    
     3.     As long as you will cover the news in a no-bullshit way, you will do fine. .

Buatlah pemberitaan dengan berimbang atau cover both side. Agar berita tersebut tidak menjadi masalah di kemudian hari dan pribadi jurnalisnya sendiri pun tidak terkena dampaknya.
     
     4.      Be a good, unique, and valuable journalist

Menjadi seorang penyampai pesan, jurnalis harus berakhlak yang baik, Dia memiliki nilai kualitas tinggi dan harus mempunyai sisi unik yang membedakan dia dengan jurnalis lainnya. Hal ini bisa terlihat dari cara kerja jurnalisnya,bagaimana jurnalis melakukan kegiatan jurnalistiknya. 
  
    5.If you want to do journalism, launch a blog right now and get on with it     
Blog sebagai salah satu penyebaran informasi harus bisa dikuasai oleh seorang jurnalis baru. Selain mengikuti perkembangan zaman, blog dinilai bisa menjadisalah satu media efektif untuk menyebarkan karya-karya jurnalistik.
   
    6.     
Learn how to interact with people online -

Perkembangan teknologi, menghadirkan segala kemudahan dalam pelbagai aspek. Dan berkomunikasi menjadi aspek yang terkena imbasnya dari perkembangan teknologi ini. Dari perkembangan tersebut, munculah berbagai media sosial, dimana media sosial tersebut berkenaan dengan kegiatan berkomunikasi, namun secara online. Jurnalis dituntut untuk mampu berkomunikasi melalui media sosial ini. Melalui blog, forum dan jejaring sosialnya, jurnalis dapat bertukar ide, pengalaman maupun usaha.  
     
    7.    Read good stuff. 
Sebagai kuli tinta, setidaknya kita diharuskan mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat yang bersifat informatif, persuasif dan lainnya. Maka dari itu, jurnalis  harus memiliki kosakata yang banyak agar pemberitaan yang kita buat tidak monoton. Kunci sukses mampu menulis dengan baik adalah dengan membaca. Dengan seringnya kita membaca berbagai literatur-literatur maupun buku-buku, kosa kata yang ada dalam memori kita bertambah dan karya jurnalistik pun menjadi berkualitas.



Related Post



Posting Komentar